AMAL ITU TERGANTUNG NIATNYA |
عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله
عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إنما الأعمال بالنيات , وإنما
لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن
كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه
|
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab
radhiyallahu 'anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya
mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan
Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang
hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan
dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.
[Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadits yaitu Abu Abdullah Muhammad
bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari (orang Bukhara) dan
Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi di dalam
kedua kitabnya yang paling shahih di antara semua kitab hadits. Bukhari no. 1
dan Muslim no. 1907] |
Hadits ini adalah Hadits shahih yang telah disepakati
keshahihannya, ketinggian derajatnya dan didalamnya banyak mengandung manfaat.
Imam Bukhari telah meriwayatkannya pada beberapa bab pada kitab shahihnya, juga
Imam Muslim telah meriwayatkan hadits ini pada akhir bab Jihad.
Hadits
ini salah satu pokok penting ajaran islam. Imam Ahmad dan Imam Syafi’I berkata :
“Hadits tentang niat ini mencakup sepertiga ilmu.” Begitu pula kata imam Baihaqi
dll. Hal itu karena perbuatan manusia terdiri dari niat didalam hati, ucapan dan
tindakan. Sedangkan niat merupakan salah satu dari tiga bagian itu. Diriwayatkan
dari Imam Syafi’i, “Hadits ini mencakup tujuh puluh bab fiqih”, sejumlah Ulama’
mengatakan hadits ini mencakup sepertiga ajaran islam.
Para ulama gemar
memulai karangan-karangannya dengan mengutip hadits ini. Di antara mereka yang
memulai dengan hadits ini pada kitabnya adalah Imam Bukhari. Abdurrahman bin
Mahdi berkata : “bagi setiap penulis buku hendaknya memulai tulisannya dengan
hadits ini, untuk mengingatkan para pembacanya agar meluruskan niatnya”.
Hadits ini dibanding hadits-hadits yang lain adalah hadits yang sangat
terkenal, tetapi dilihat dari sumber sanadnya, hadits ini adalah hadits ahad,
karena hanya diriwayatkan oleh Umar bin Khaththab dari Nabi Shallallahu 'alaihi
wa Sallam. Dari Umar hanya diriwayatkan oleh ‘Alqamah bin Abi Waqash, kemudian
hanya diriwayatkan oleh Muhammad bin Ibrahim At Taimi, dan selanjutnya hanya
diriwayatkan oleh Yahya bin Sa’id Al Anshari, kemudian barulah menjadi terkenal
pada perawi selanjutnya. Lebih dari 200 orang rawi yang meriwayatkan dari Yahya
bin Sa’id dan kebanyakan mereka adalah para Imam.
Pertama : Kata
“Innamaa” bermakna “hanya/pengecualian” , yaitu menetapkan sesuatu yang disebut
dan mengingkari selain yang disebut itu. Kata “hanya” tersebut terkadang
dimaksudkan sebagai pengecualian secara mutlak dan terkadang dimaksudkan sebagai
pengecualian yang terbatas. Untuk membedakan antara dua pengertian ini dapat
diketahui dari susunan kalimatnya. Misalnya, kalimat pada firman Allah :
“Innamaa anta mundzirun” (Engkau (Muhammad) hanyalah seorang penyampai ancaman).
(QS. Ar-Ra’d : 7) Kalimat ini secara sepintas menyatakan bahwa tugas Nabi
Shallallahu 'alaihi wa Sallam hanyalah menyampaikan ancaman dari Allah, tidak
mempunyai tugas-tugas lain. Padahal sebenarnya beliau mempunyai banyak sekali
tugas, seperti menyampaikan kabar gembira dan lain sebagainya. Begitu juga
kalimat pada firman Allah : “Innamal hayatud dunyaa la’ibun walahwun” à
“Kehidupan dunia itu hanyalah kesenangan dan permainan”. (QS. Muhammad : 36)
Kalimat ini (wallahu a’lam) menunjukkan pembatasan berkenaan dengan akibat
atau dampaknya, apabila dikaitkan dengan hakikat kehidupan dunia, maka kehidupan
dapat menjadi wahana berbuat kebaikan. Dengan demikian apabila disebutkan kata
“hanya” dalam suatu kalimat, hendaklah diperhatikan betul pengertian yang
dimaksudkan.
Pada Hadits ini, kalimat “Segala amal hanya menurut niatnya”
yang dimaksud dengan amal disini adalah semua amal yang dibenarkan syari’at,
sehingga setiap amal yang dibenarkan syari’at tanpa niat maka tidak berarti
apa-apa menurut agama islam. Tentang sabda Rasulullah, “semua amal itu
tergantung niatnya” ada perbedaan pendapat para ulama tentang maksud kalimat
tersebut. Sebagian memahami niat sebagai syarat sehingga amal tidak sah tanpa
niat, sebagian yang lain memahami niat sebagai penyempurna sehingga amal itu
akan sempurna apabila ada niat.
Kedua : Kalimat “Dan setiap orang hanya
mendapatkan sesuai niatnya” oleh Khathabi dijelaskan bahwa kalimat ini
menunjukkan pengertian yang berbeda dari sebelumnya. Yaitu menegaskan sah
tidaknya amal bergantung pada niatnya. Juga Syaikh Muhyidin An-Nawawi
menerangkan bahwa niat menjadi syarat sahnya amal. Sehingga seseorang yang
meng-qadha sholat tanpa niat maka tidak sah Sholatnya, walahu
a’lam
Ketiga : Kalimat “Dan Barang siapa berhijrah kepada Allah dan
Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya” menurut penetapan ahli
bahasa Arab, bahwa kalimat syarat dan jawabnya, begitu pula mubtada’ (subyek)
dan khabar (predikatnya) haruslah berbeda, sedangkan di kalimat ini sama. Karena
itu kalimat syarat bermakna niat atau maksud baik secara bahasa atau syari’at,
maksudnya barangsiapa berhijrah dengan niat karena Allah dan Rosul-Nya maka akan
mendapat pahala dari hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya.
Hadits ini
memang muncul karena adanya seorang lelaki yang ikut hijrah dari Makkah ke
Madinah untuk mengawini perempuan bernama Ummu Qais. Dia berhijrah tidak untuk
mendapatkan pahala hijrah karena itu ia dijuluki Muhajir Ummu Qais. Wallahu
a’lam
|
|
Pelajaran dan
faidah hadits:
a.
Sesungguhnya tidak ada amal
(perbuatan) kecuali dengan niat.
b.
Sesungguhnya setiap amal
(perbuatan) itu dianggap sah dengan niat-niatnya.
c.
Sesungguhnya balasan untuk si
pelaku amalan (perbuatan) berdasarkan niatnya.
d.
Hendaknya seorang alim (ulama)
memberikan perumpamaan sebagai penjelasan dan penerangan.
e.
Keutamaan hijrah, karena Nabi shallallahu
'alaihi wa sallam melakukannya. Dan
telah
terdapat dalam Shahih Muslim (121)
f.
Tidakkah engkau mengetahui bahwa
Islam menghapuskan apa-apa yang terjadi
sebelumnya?
Dan hijrah juga menghapuskan apa-apa yang terjadi sebelumnya?
Dan
ibadah haji juga menghapuskan apa-apa yang terjadi sebelumnya?
g.
Seseorang itu mendapatkan pahala,
atau dosa, atau tidak mendapatkan apapun sesuai dengan niatnya.
h.
Almalan-amalan bergantung pada
wasilah yang mengantarkan kepadanya. Mungkin saja sesuatu itu pada asalnya
hukumnya mubah, namun ia dapat berubah menjadai sebuah ketaatan (ibadah) jika
seseorang berniat kebaikan dengannya. Seperti makan dan minum, jika seseorang
meniatkan dengannya sebagai penguat dirinya untuk beribadah.
i.
Sesungguhnya sebuah amalan
(perbuatan) dapat menjadi pahala bagi pelakunya, dan dapat pula menjadi
penghalang dari pahala tersebut.
Komentar
Posting Komentar
Nama :
Komentar :
Saran :
Solusi :